The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, August 12, 2018

Tim IB Galang Pemuda Setempat Luaskan Pelayanan Terhadap Korban Gempa Lombok.

Relawan IB mengevakuasi sisa harta benda korban dan menghancurkan bangunan yang rawan roboh menimpa warga.
Lombok Utara, 11 Agustus 2018. Relawan Indonesia Bangkit (IB) terus memperluas pelayanan terhadap korban gempa di Lombok Utara. hari ini tim dari posko induk desa Dangiang  menembus dusun Paok Rempek  desa Genggeleng kecamatan Gangga. Sampai hari ini tim dan relawan IB di kabupaten Lombok Utara sudah menjangkau 7 desa, dimana 6 desa di kecamatan Kayangan dan 1 desa lainnya di kecamatan Gangga untuk memberikan pelayanan terhadap korban dan pengingsi.

Pelayanan yang dilakukan relawan Indonesia bangkit berupa pelayanan kesehatan, pendistribusian bantuan, sosial care, evakuasi bangunan. Dalam menjalankan aktivitas tersebut tim Indonesia Bangkit melibatkan relawan dari pemuda desa setempat. Setidaknya 27 orang pemuda dari desa Dangiang, desa Salut, desa Sesait dan desa Santong sudah menjadi relawan di posko induk Indonesia bangkit di dusun Dangiang Timur desa Dangiang kecamatan Kayangan kabupaten Lombok Utara. 

Herman, Koordinator posko pusat pelayanan di NTB menyampaikan bahwa “dalam melakukan pelayanan kami memegang prinsip bangkit barsama korban menyelamatkan, melayani dan melindungi. Meski sebagian besar relawan adalah korban, tapi para pemuda tetap bersemangat melayani korban lainnya dengan menjadi relawan kemanusiaan”. Menurut Herman bantuan tenaga relawan dengan semua jenis spesifikasi masih sangat banyak dibutuhkan. Herman menambahkan, bahwa sampai saat ini korban bencana masih bertahan di pengungsian dan mulai membangun tenda-tenda darurat untuk keluarga didekat bekas rumahnya masing-masing.
Relawan IB berkumpul bersama warga setempat
Saat ini keadaan korban masih sangat memprihatinkan, warga sangat membutuhkan tenda untuk pengungsian bagi keluarga, alat penerangan, penampungan dan saluran air bersih untuk sanitasi dan kebutuhan harian. “Kebutuhan tempat tinggal yang layak merupakan hal yang sangat penting,  karena jika tidak segera terpenuhi masalah sosial berikutnya seperti serangan berbagai penyakit akan mengintai jika tidak segera ditanggulangi. Begitu juga dengan layanan kesehatan, obat-obatan  dan kebutuhan pangan tidak kalah pentingnya karena mereka hidup ditenda-tenda yang sangat sederhana ditengah cuaca yang sangat ekstrim terutama bagi anak-anak dan balita” .

Selain terus melakukan pelayanan terhadap korban di Lombok Utara, hari ini tim Indonesia Bangkit juga mendistribusikan bantuan bagi korban bencana di Sambelia, Sembalun dan dusun Jurang Koak desa Bebidas Wanasaba di Lombok Timur.

Herman menyampaiakan rasa terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya  kepada semua pihak yang telah mengirimkan bantuan bagi korban gempa melalui Indonesia Bangkit maupun lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya.

Herman juga mengajak semua pihak di seluruh Indonesia untuk bangkit bersama  memberikan bantuan bagi korban gempa Lombok, baik berupa tenaga relawan, logistik maupun keuangan sampai semua korban dapat terlayani dengan baik, memiliki tempat tinggal sementara yang layak, terpenuhi kebutuhan sosial, kesehatan maupun kebutuhan pangannya.

No comments: