The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, October 9, 2016

Posko Buruh PT.VCI Peduli Banjir Bandang Garut Terus Meluaskan Aksi Kemanusiaan

Kepedulian dan solidaritas terhadap sesama muncul termasuk kepada rakyat yang sedang menghadapi bencana, tanpa mengenal batas wilayah maupun tempat. Seperti yang dilakukan oleh buruh di Tangerang, Banten untuk korban banjir bandang di Garut Jawa Barat yang melakukan aksi penggalangan bantuan dengan mendirikan posko kemanusiaan.
Posko tersebut didirikan oleh beberapa serikat buruh, yaitu SBGTS-GSBI PT. Victory Cingluh Indonesia, SBM (Serikat Buruh Merdeka), Genta Seribu, SBN/KASBI. Serikat-serikat buruh tersebut bekerjasama dengan posko kemanusiaan Indonesia bangkit (IB) dalam penyaluran bantuan. Posko kemanusiaan tersebut mulai didirikan sejak Kamis, 6 Oktober 2016. Posko tersebut terletak di tiga titik gerbang keluar PT VCI.
Suwandi selaku ketua SBGTS-GSBI PT.VCI menjelaskan bahwa selain uang, bantuan yang di galang juga berbentuk barang terutama untuk anak-anak dan balita serta barang-barang lainnya seperti pakaian, perlengkapan mandi dan keperluan untuk perempuan. Dalam tiga hari penggalangan bantuan, posko kemanusiaan di PT VCI berhasil mengumpulkan bantuan sejumlah Rp 25 juta.
“Kami akan terus mengumpulkan berbagai bantuan, dan rencananya akan juga mendirikan posko di luar PT VCI, seperti di Pasar Puri Tangerang” jelas Suwandi. Selain itu Suwandi mewakili serikat-serikat buruh dan IB juga mengucapkan terima kasih kepada pantia yang tidak kenal lelah bekerja di posko kemanusiaan, meskipun mereka juga bekerja di pabrik. 
Suwandi, yang akrap dipanggil Wandi ini memaparkan, bahwa kegiatan ini tidak berhenti pada penggalangan untuk korban banjir di Garut saja, mereka akan terus melakukan kerja kemanusian di pabrik tempat mereka bekerja “kami sudah membuat planning kegiatan untuk kedepannya, dan kami menetapkan acara puncaknya hingga selesai Perundingan Perjanjian Kerja (PKB) mendatang tutur Wandi.

No comments: