The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Saturday, October 6, 2018

Tim Indonesia Bangkit Kecamatan Sirenja, Donggala Lakukan Evaluasi Hasil Investigasi Di Tiga Desa

Tim Indonesia Bangkit kecamatan Sirenja, Donggala, sedang melakukan evaluasi hasil investigasi di tiga desa (Sipi, Sibado, dan Tanjung Padang). Foto: Akmal Palindo

Jumat, 05 Oktober 2018, posko Indonesia Bangkit kecamatan Sirenja, kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, melakukan evaluasi hasil investigasi dari tiga desa di kecamatan tersebut. Desa tersebut adalah desa Sipi, desa Tanjung Padang, dan Desa Sibado. ketiga desa tersebut sudah terbangun posko Indonesia Bangkit.

Akmal dari Posko Inodonesia Bangkit Donggala menyebutkan bahwa, "Berdasarkan Investigasi yang dilakukan, di desa Sipi terdapat 292 buah, 2 buah sekolah dasar rusak ringan, dua masid di dusun 4 dan 5 rusak parah. Di desa Tanjung Padang terdapat 112 rumah di dusun 1 rusak parah secara keseluruhan, 91 rumah di dusun 2 rusak parah,119 rumah rusak parah, sedang dan ringan di dusun 3, dan7 rumah rusak di dusun 4 (5 rusak sedang dan 2 rusak parah). Sementara di desa Sibado, terdapat 115 rumah rusak dan13 rumah rusak total."

"Penyaluran bantuan juga belum maksimal, selain itu, tempat pengungsian yang menggunakan terpal sementara udara dingin dan berdebu membuat masyarakat, ada yang sakit diare, demam, batuk,dan flu. Sedangkan tim medis tidak dapat menjangkau semua tempat pengungsian, apalagi posko yang berada di kaki gunung." Lanjut Akmal.

Untuk program posko Indonesia Bangkit kecamatan Sirenja, Donggala, dari tanggal 5 sampai 15 Oktober 2018, adalah mendata jumlah masyarakat yang mengungsi di masing-masing dusun setiap desa, membantu memebersihkan masjid dan rumah warga yag mengalami kerusakan  di setiap desa, serta olahraga dan panggung budaya. selain itu, Indonesia Bangkit kecamatan Sirenja juga akan melaksanakan Do'a bersama untuk korban bencana Sulawesi Tengah (Palu, Sigi, dan Donggala) di kecamatan Sirenja pada Jum'at, 12 Oktober 2018, di lapangan desa Tanjung Padang, pukul 08.00 WITA.

Saat ini kebutuhan mendesak adalah:
1. Sembako
2. Tim medis, alat dan obat obatan serta vitamin
3. Kebutuhan bayi
4. Kebutuhan perempuan
5. Terpal
6. Tikar
7. Selimut

Bantuan berupa barang dapat dikirim ke posko-posko terdekat di kota anda, atau kantor pusat Indonesia Bangkit di Jalan Mutiara Raya No. 1, RT.08/06 Kel.Jati Kec.Pulo Gadung, Jakarta Timur Tlp/Fax. 021-29834262. Bantuan berupa donasi dapat ditransfer ke rekening :  BRI 0386 0100 0923 303 atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA).

No comments: