The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Wednesday, August 1, 2018

Relawan IB Menyalurkan Bantuan Ikan Segar di 12 Posko Dusun untuk Korban Bencana Gempa Lombok


Lombok Timur (Lotim), 1 Agustus 2018. Relawan Indonesia Bangkit (IB) menyalurkan bantuan ikan segar di 12 Posko Darurat yang tersebar di desa Timba gading, desa Lawang, desa Sembalun dan desa Sajang. Ikan segar tersebut merupakan hasil penggalangan dari Front Mahasiswa Nasional (FMN) Lombok Timur dan Aliansi Gerakan Reforma  Agraria (AGRA) ranting Tanjung Luar.

Selain mendistribusikan bantuan, relawan IB juga terus melakukan pendataan terkait kebutuhan urgent para korban gempa serta dampak bencana alam tersebut, kali ini pendataan di fokuskan di dusun Barugak Mujur desa Timba Gading. 

Kegiatan relawan tersebut dilakukan ditengah gempa terus menerus terjadi, terakhir getaran gempa kembali terasa hari ini sejak pukul 01: 37 WITA, 01: 51 WITA, 4: 50 WITA, 08: 03 WITA dan terakhir 04 :49 WITA.  Di desa Timba Gading hingga saat ini tercatat 123 rumah mengalami kerusakan di empat dusun, yakni dusun Barugak Mujur, Tengak, Bantek dan dusun Katir. Dari 123 rumah tersebut, 8 rumah diantaranya roboh total, 59 rumah rusak berat, 19 rumah rusak sedang, dan 37 rumah rusak ringan. Sementara korban manusia hanya ada 2 orang anak yang mengalami luka ringan.

Meski tidak sebesar tanggal 29 Juli, namun getaran gempa tetap membuat khawatir warga, sehingga warga masih bertahan di posko-posko dusun dan belum melakukan aktifitas ekonomi sebagaimana biasa. Untuk memenuhi kebutuhan makanan setiap posko dibuat dapur umum yang menjadi sarana warga memasak bersama, saat ini selain dari bantuan, warga hanya mengandalkan stok bahan makanan yang masih tersisa dirumah-rumah mereka un tuk dimasak bersama di posko-posko dusun. 


IB mengajak seluruh kawan dan masyarakat luas untuk menjadi tenaga relawan, memberikan bantuan yang dibutuhkan korban serta menggalang dana bagi pekerjaan kemanusiaan di lokasi bencana.

Seluruh dukungan bagi korban dan relawan kemanusiaan IB dapat di koordinasikan melalui :

Panitia Posko Pusat IB :
AGRA - GSBI - Seruni - Pembaru Indonesia - Kabarbumi - SDMN - FMN - INDIES - JAPI - Mineral 7

Posko Pusat 
Jl. Mutiara Raya I No.1, Kelurahan Jati, Puloga¬dung – Jakarta Timur. Kontak : Widianto  (0813-1683-6857)

Posko Lombok - Nusa Tenggara Barat
Kec. Sambelia, desa Obel-obel, desa Belanting. Kontak :  Zuki zuarman (AGRA-NTB) : 085238506212

Penyaluran bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui rekening 
Bank BRI Cabang Rawamangun atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria. 

No. rekening  0386 0100 0923 303 

No comments: