The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Tuesday, July 31, 2018

Relawan IB dan dinas kesehatan Lombok timur selenggarakan pelayanan kesehatan korban gempa Lombok.


Lotim, 31 Juli 2018. Puluhan relawan posko Indonesia Bangkit  (IB) bersama dengan dinas kesehatan Lombok timur selenggarakan layanan kesehatan untuk korban gempa Lombok. Pelayanan kesehatan dilakukan pada Selasa siang bertempat di posko yang dibangun relawan Indonesia Bangkit bersama warga di Dusun Longken Rt 01 Rw 01 Desa Sajang kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Selain melakukan layanan kesehatan para relawan juga bersama dengan warga setempat membangun tempat penampungan air bersih.

Titi Suhada Kordinator relawan Indonesia Bangkit di kecamatan Sembalun mengatakan bahwa hingga saat ini posko yang dibangun oleh pemerintah baru dipusat-pusat desa dan belum menjangkau dusun-dusun. Karena akses dan gempa yang masih terus terjadi, tidak semua warga bisa datang ke posko dipusat-pusat desa. Banyak warga yang memilih bertahan di dusun-dusun, karena sambil bertahap membenahi kampung, juga untuk menjaga harta benda yang masih tersisa. 

Oleh karena itu relawan IB membangun posko-posko di dusun-dusun dan terus melakukan koordinasi dengan posko di pusat-pusat desa. Saat ini Indonesia bangkit sudah membangun empat posko dan melakukan pelayanan korban gempa di empat desa dikecamatan Sembalun, yakni dusun Longken Desa Sajang, Dusun Barugak mujur desa Timba Gading, Dusun Dangka desa Lawang dan Dusun Bira desa Bilok Pitung.

Menurut Titi, memberikan pelayanan terhadap korban gempa adalah suatu kebahagiaan tersendiri, meski ditengah keterbatasan dan kesulitan kita bisa tetap saling tolong sesama rakyat. Titi bersama para relawan berharap semua korban gempa bisa ditangani dengan baik hingga pemulihan pasca bencana. Relawan Indonesia Bangkit akan terus berusaha bersama  warga untuk bangkit bersama dan memastikan keadaan desa bisa seperti sedia kala.

Di Sembalun relawan IB juga melakukan pendataan, salah satunya di desa Timba Gading. Keadaan desa Timba Gading masih porak-poranda akibat guncangan gempa, bahkan hingga tanggal 31 Juli masih ada tiga kali gempa susulan. Berdasar data yang dihimpun relawan IB di desa Timba Gading terdapat 8 rumah roboh, 59 rusak parah, 19 rusak sedang, dan 37 rumah rusak ringan.

---------------------------------------------

Mengingat kondisi di lokasi bencana yang masih dalam keadaan memprihatinkan IB mengajak seluruh kawan dan masyarakat luas untuk menjadi tenaga relawan, memberikan bantuan yang dibutuhkan korban serta menggalang dana bagi pekerjaan kemanusiaan di lokasi bencana.

Seluruh dukungan bagi korban dan relawan kemanusiaan IB dapat di koordinasikan melalui :

Panitia Posko Pusat IB :
AGRA - GSBI - Seruni - Pembaru Indonesia - Kabarbumi - SDMN - FMN - INDIES - JAPI - Mineral 7

Posko Pusat 
Jl. Mutiara Raya I No.1, Kelurahan Jati, Puloga¬dung – Jakarta Timur. Kontak : Widianto  (0813-1683-6857)

Posko Lombok - Nusa Tenggara Barat
Kec. Sambelia, desa Obel-obel, desa Belanting. Kontak :  Zuki zuarman (AGRA-NTB) : 085238506212

Penyaluran bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui rekening 
Bank BRI Cabang Rawamangun atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria. 
No. rekening  0386 0100 0923 303

Mari bersama-sama membantu rakyat korban bencana, karena hanya semangat gotong royong tanpa pamrih dari seluruh rakyat yang akan menjadi obat atas penderitaan dan segala kesulitan. 

No comments: