The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, July 29, 2018

SOLIDARITAS KEMANUSIAAN : BANTU KORBAN GEMPA DI LOMBOK - NUSA TENGGARA BARAT

Hari minggu, 29 juli 2018 masyarakat NTB kembali berduka. Pada pukul 05.45WITA telah terjadi Gempa Bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang menerpa 3 kecamatan yaitu Kecamatan Sembalun dan Sambalie di Kabupaten Lombok Timur dan Kecamatan Bayan di Kabuten Lombok Utara dan telah menelan 10 korban jiwa meninggal Dunia sementara data korban meninggal terus bertambah karena masih banyak daerah yang belum terjangkau.

Di Kabupaten Lombok Timur terdapat 8 orang meninggal dunia, puluhan orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

Di Kabupaten Lombok Utara data sementara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan.

Berdasarkan laporan juga terjadi bencana longsor cukup besar dari Gunung Rinjani. Material longsoran mengarah ke utara pascagempa 6,4 SR. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup.
Saat ini, masyarakat di tiga kecamatan tersebut juga masih dalam keadaan trauma dan takut memasuki rumah karena situasi rumah yang hampir semuanya retak dan takut jika saja terjadi gempa susulan. Tercatat terjadi 203 kali gempa susulan yang semakin memperparah kerusakan di perkampungan warga.

Kondisi korban gempa masih sangat memprihatinkan, warga mengungsi di tempat terbuka dengan keadaan sangat terbatas. Penangan korban luka maupun meninggal masih terbatas karena banyaknya korban yang jatuh. Listrik juga masih dalam keadaan mati dan signal internet yang sangat susah diakses bahkan dibeberapa tempat hampir tidak bisa dijangkau oleh signal HP sehingga komunikasi yang bisa dilakukan sangat terbatas.

Pusat Kemanusiaan Indonesia Bangkit mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersolidaritas dan mengulurkan tangan bersama demi sedikit meringankan beban saudara kita yang menjadi korban Gempa Bumi.

Untuk pelayanan korban Indonesia Bangkit  membuka Posko di Sembalun, Kec. Sambelia, Desa Obel, Desa Belanting sekaligus menjadi dapur umum serta posko pengungsian.
Adapun kebutuhan mendesak di lokasi bencana :

  • Obat-obatan
  • Alas tidur, 
  • Terpal
  • Peralatan dapur umum
  • Bahan makanan (beras, sayuran dan lauk),

Indonesia Bangkit juga  mengkoordinasikan solidaritas kemanusiaan untuk korban dengan serangkaian aktivitas diantaranya :

a.  Membantu dan melayani secara langsung korban bencana alam di Lombok - NTB
b. Melakukan penggalangan bantuan untuk di salurkan kepada korban bencana.
c. Menggalang relawan kemanusiaan untuk bersama-sama membantu pekerjaan di lokasi bencana.

Mengingat kondisi di lokasi bencana yang masih dalam keadaan memprihatinkan IB mengajak seluruh kawan dan masyarakat luas untuk menjadi tenaga relawan, memberikan bantuan yang dibutuhkan korban serta menggalang dana bagi pekerjaan kemanusiaan di lokasi bencana.

Panitia Posko Pusat IB :
AGRA - GSBI - Seruni - Pembaru Indonesia - Kabarbumi - SDMN - FMN - INDIES - JAPI - Mineral 7

Posko Pusat 
Jl. Mutiara Raya I No.1, Kelurahan Jati, Puloga¬dung – Jakarta Timur. Kontak : Widianto  (0813-1683-6857)

Posko Lombok - Nusa Tenggara Barat
Kec. Sambelia, desa Obel-obel, desa Belanting. Kontak : Zuki zuarman (AGRA-NTB) : 085238506212

Penyaluran bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui rekening 
Bank BRI Cabang Rawamangun atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria. 
No. rekening  0386 0100 0923 303

Mari bersama-sama membantu rakyat korban bencana, karena hanya semangat gotong royong tanpa pamrih dari seluruh rakyat yang akan menjadi obat atas penderitaan dan kesulitan. 

. ###

No comments: