The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, January 28, 2018

Solidaritas Kemanusiaan Untuk Korban Bancana di Lebak Banten

Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) di barat daya Kabupaten Lebak Provinsi Banten pada Selasa 23 Januari 2018 lalu telah menyebabkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat yaitu ribuan rumah rusak, ratusan orang mengalami luka-luka dan 1 orang meninggal. Data sementara yang di peroleh Indonesia Bangkit, terdapat 1.118 unit rumah rusak dan sebagian warga korban terpaksa mengungsi ke daerah sekitar yang terdekat, kerusakan meluas dan tersebar di 19 kecamatan.

Masyarakat di Lebak dan sekitarnya hingga kini masih resah karena sering merasakan gempa susulan. BMKG memantau sudah ada 53 kali gempa susulan yang lebih kecil.

Tim relawan kemanusiaan Indonesia Bangkit saat ini bergerak bersama warga Lebak – Banten untuk melakukan kegiatan kemanusiaan dan gotong royong untuk mengatasi situasi darurat sampai keadaan benar-benar pulih.  Pusat kegiatan relawan IB untuk korban Gempa Lebak-Banten saat ini terletak di kecamatan Cilograng yang terdapat kerusakan di 10 desa yaitu diantaranya :

1.Desa Cibareno, terdapat 4 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak berat.
2.Desa Cilograng, rumah rusak ringan 11 unit, rusak berat 7 rumah.
3.Desa Cireundeu terdapat rumah rusak ringan 2 unit
4.Desa Cikamunding rumah rusak ringan 2 unit, sedangkan yang rusak berat 2 rumah.
5.Desa Cikatomas rumah rusak ringan 20 unit, rusak berat 4 rumah
6.Desa Gunungbatu rumah rusak ringan 20 unit, rusak berat 4 rumah
7.Desa Lebaktipar rumah yang mengalami kerusakan ringan 6 unit, sedangkan yang rusak berat 2 rumah.
8.Desa Cijengkol rusak ringan 5 unit rusak berat 1 rumah
9.Desa Girimukti terdapat rumah rusak riangan 5 unit, rumah rusak berat 1 unit.
10.Desa Pasirbungur rumah rusak riangan 6 unit, rusak berat 3 rumah.

Di Desa Girimukti wilayah yang paling parah terkena gempa ada di Kampung Sekarwangi. Letak kampung ini ada di atas gunung dengan akses jalan rusak sehingga jalan untuk masuk dan keluar sebagian tertutup.

Selain kampung Sekarwangi, kerusakan parah juga  terjadi di kampung Cicariang, Cinangka dan warudoyong dengan kerusakan hampir di sebagian rumah warga dan fasilitas umum lainnya.
Hingga saat ini warga yang rumahnya hancur belum bisa mendiami tempat tinggalnya di karenakan banyak bagian rumah yang roboh dan rawan roboh akibat banyaknya gempa susulan.
Aktivitas warga yang mayoritas bertani hingga kini juga belum bisa pulih kembali sehingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari semakin mendesak.

Mengingat besarnya dampak bencana bagi masyarakat Lebak Banten dan sekitarnya maka Humanitarian Center Indonesia Bangkit mengajak seluruh pihak untuk terlibat membantu masyarakat yang menjadi korban gempa.

Bagi kawan-kawan yang ingin terlibat menjadi relawan atau memberikan bantuan dapat menghubungi sekretariat IB atau berkordinasi dengan petugas IB  terdekat.

POSKO PUSAT AKSI KEMANUSIAAN IB
Jalan Mutiara Raya Nomor 1, RT 08/06 Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Indonesia, 13320
Kontak : Anca di nomor +6285657081138

POSKO DI LEBAK BANTEN
Desa Girimukti, Kec Cilograng, Lebak Banten.
Kontak : Budi 0896 1931 5208.

Penyaluran bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui rekening Bank BRI Cabang Rawamangun atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria. No. rekening  0386 0100 0923 303

Panitia Posko Pusat IB :
AGRA - GSBI -Seruni - Pembaru - Kabarbumi - LMND - FMN - INDIES - JAPI

Tim Relawan IB Banten :
Agra Banten - Cikamunding Biker Club (CBC) Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) perwakilan sukabumi - Pemuda Ujung Kulon - KUMAUNG

No comments: