The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Tuesday, January 7, 2020

UPDATE Banjir Lebak-Banten, 8/1/2020

kegiatan gotong-royong relawan IB bersama warga Kp. Luhur, membuka dan membersihkan akses jalan




Kondisi terkini (8/1) H+8 pasca banjir di beberapa wilayah terdampak di Kabupaten Lebak-Banten, khususnya yang berada dalam cakupan Posko Kemanusiaan Indonesia Bangkit-Banten (IB-Banten) masih berada dalam kondisi siaga bencana longsor. Selain ancaman tanah longsor sebagian besar wilayah yang terdampak juga masih terisolasi dan sulit terjangkau oleh bantuan, karena kondisi jalan yang masih tertutup lumpur, pasir dan material lain. Akibatnya, sebagian besar penyaluran bantuan hanya bisa dilakukan melalui jalur udara.
Menurut pantauan tim Relawan IB yang bertugas di posko Cipanas, kondisi jalan di sepanjang jalur Cipanas-Jasinga menuju Lebakgedong masih sangat rawan terjadi longsor dan amblasnya permukaan jalan, longsong yang terjadi di sepanjang jalur tersebut bisa mencapai 15 Meter.

Kondisi jalan yang longsor di sepanjang jalur Cipanas menuju Lebakgedong

Karena sulitnya akses darat yang bisa dilalui dalam penyaluran bantuan telah menginisiatif tim IB-Banten yang berada di desa Luhur melakukan kegiatan gotong-royong bersama warga guna membuat jembatan bambu sementara dan membuka akses jalan yang terendam lumpur dan pasir sepanjang 1 Km lebih pada 6 Januari lalu. Jalan ini tepat berada di sisi aliran sungai Ciberang. Ketebalan lumpur yang menutup akses jalan kampung mencapai 40CM, sedangkan ketebalan lumpur dan pasir yang menutupi wilayah persawahan mencapai 70CM. Di hari yang sama, selain kegiatan gotong-royong bersama warga di Desa Luhur, relawan IB juga menyalurkan bantuan di Kp. Tales dan sekitarnya. Penyaluran donasi berupa mie instan, beras, alat mandi, dan selimut dilakukan bersama dengan relawan dari Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) yang juga telah mempercayakan donasi dan bantuannya berupa barang kebutuhan korban melalui Posko IB di Banten.

Penyerahan logistik bantuan dari IKAHI di Posko IB-BAnten


Sejauh ini Posko IB telah terbangun di 3 lokasi, yaitu Posko Serang, Cilegon, Carenang dan akan menyusul di Desa Luhur. Dikarenakan Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang dan tanah longsor sejak 1 Januari hingga 14 Januari 2020 dengan kondisi wilayah terdampak sejauh ini masih sangat sulit dijangkau oleh bantuan, maka selain bantuan berupa barang kebutuhan yang mendesak seperti Makanan, Sembako, Air bersih dan sanitasi, kebutuhan bayi dan anak serta obat-obatan, selimut dan tenda, korban banjir di Kabupaten Lebak juga sangat membutuhkan adanya bantuan tenaga dari relawan untuk membantu membuka akses jalur darat  sehingga bantuan dapat menjangkau mereka dengan lebih mudah dan tentu juga menata kembali kampung mereka yang telah hancur tersapu banjir bandang.

Tanpa lelah, kami dari Posko IB terus menyerukan dan membuka donasi bantuan dari siapapun yang ingin membantu korban banjir dan tanah longsor di Lebak-Banten dan Jabodetabek, bantuan bisa disalurkan melalui Nomor Rekening Bank BTPN (kode: 231) 900-1494-2385 a/n LIANA CITRA (diharapkan konfirmasi) sedangkan bantuan dalam bentuk barang dapat dikirimkan langsung ke Posko Pusat Indonesia Bangkit (IB) beralamat di Jl. Mutiara raya No. 1, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung  Jakarta Timur, Posko Cipanas, Lebak-Banten di Jl. Raya Pasar Gajrug, Ds. Bintangresmi, Kec. Cipanas, Kab. Lebak atau dengan menghubungi  tim Indonesia Bangkit Pusat: Widianto (+62 813-1683-6857), Citra (+62 822-3788-4288).





x

1 comment:

makanan dan minuman said...

AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)