The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Monday, January 6, 2020

Banjir Lebak-Banten: Relawan IB di Kampung Lebak Maja.

Salah satu rumah warga yang hancur diterjang banjir, 1/1/202



Hari ini, Selasa, 7 Januari 2020 relawan Indonesia Bangkit (IB) mendatangi salah satu lokasi yang terdampak Banjir Bandang di kabupaten Lebak-Banten. Bertempat di Kampung. Lebak Maja, Ds. Mekarsari, Kec. Sajira, Kabupaten Lebak-Banten. Merupakan salah satu dari 19 desa yang terdampak banjir paling parah dalam bencana Banjir dan Tanah Longsor di Lebak.

Dalam pantauan IB, kondisi di wilayah tersebut masih porak-poranda dan belum terlihat adanya aktifitas bersih-bersih ataupun penataan ulang kampung pasca diterjang banjir. Terdapat 22 rumah rusak berat yang kondisinya sudah tidak bisa di tempati lagi dan ratusan rumah lainnya masih terendam lumpur dan material lain pasca banjir. Jalan-jalan penghubung masih tertutup lumpur dan puing-puing rumah maupun reruntuhan dari pepohonan yang sangat mengganggu akses gerak disana.

Kondisi jalan di Kp. Lebak Maja

Kp. Lebak Maja berjarak 16 km dari posko Indonesia Bangkit di Cipanas. Lokasinya sekitar 4 km dari jalan raya Rangkas - Cipanas. Akses transportasi menuju kesana masih lumpuh dan sangat sulit. Untuk sampai kesana, tim relawan IB harus melewati hutan dan jalan berbatu. Akibatnya bantuan yang mengalir kesana pun masih sangat minim dan hanya dalam bentuk  mie instan, beras, alat mandi, dan juga selimut.

Sebagian besar warga masih mengungsi di rumah-rumah saudara atau warga lain yang dirasa lebih aman. Sementara itu posko pengungsian atau tenda darurat belum tersedia di wilayah tersebut.


Anda dapat menyalurkan donasi bantuan anda untuk korban Banjir & tanah longsor di Lebak - Banten dan Jabodetabek melalui posko kemanusiaan IB di nomer Rekening BTPN 90014942385 a/n LIANA CITRA atau bisa dikirimkan langsung ke Posko Pusat IB di Jln. Mutiara Raya, No. 1, Kel. Jati, Kec. Pulogadung, Kota Jakarta Timur - DKI Jakarta.

Info penyaluran bantuan dan kontak IB : Widhi (081316836857), Citra (082237884288).

No comments: