The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Monday, January 6, 2020

SERUAN UMUM INDONESIA BANGKIT UNTUK KORBAN BANJIR DAN LONGSOR, LEBAK-BANTEN DAN JABODETABEK



Jakarta, 05 Januari 2020


No         :  0501-SK/INDO-BKT/JKT/I/2020
Lamp : -
Hal         : SERUAN MERESPON BENCANA BANJIR

Kepada Yth,
Kawan-kawan Tim  Indonesia Bangkit (IB)
di berbagai  Wilayah

Salam sejahtera,
Semoga surat ini menjumpai kawan-kawan dalam keadaan sehat, terus berjuang dengan gegap gempita serta menjadi pelayan setia rakyat.

Hujan yang turun terus menerus di hampir seluruh wilayah Indonesia khusunya Jabodetabek dan Banten-Jawa Barat sejak malam pergantian tahun 2020 mengakibatkan banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut. Terhitung lima hari pasca Banjir melanda, beberapa daerah di Jakarta yang terdampak banjir kondisinya masih belum surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan 4.401 jiwa masih mengungsi karena luapan air kali dan sungai yang masih menggenangi rumah mereka. Warga masih mengungsi di 22 titik lokasi pengungsian yang tersebar di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Untuk Jakarta Utara terdapat satu kelurahan di enam RW dengan ketinggian air 40 cm. Di Jakarta Barat, tiga kelurahan yang tersebar di 11 RW ketinggian air mencapai 70 cm serta Jakarta Timur di satu kelurahan tersebar di satu RW. Jakarta Barat menjadi daerah yang memiliki jumlah paling banyak. Hingga h+ 5 pasca banji, total pengungsi tercatat masih berjumlah 2.752 orang.

Kabupaten Lebak-Banten menjadi wilayah yang diterjang banjir bandang terparah yang disertai tanah longsor sejak 1 Januari 2020 lalu. Banjir disana selain disebabkan oleh hujan yang turun secara terus menerus juga disebabkan oleh meluapnya aliran Sungai Ciberang. Akibatnya, 6 kecamatan, yakni Kecamatan Cipanas, Lebakgedong, Sajira, Curugbitung, Maja, dan Cimarga terendam banjir. Wilayah terdampak paling parah dialami oleh warga di 19 desa di 4 kecamatan, yakni Cipanas, Lebakgedong, Sajira dan Curug bitung.

Kondisi tersebut telah memaksa ribuan warga di wilayah terdampak terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Warga yang terdampak, baik yang berada di tempat-tempat pengungsian maupun yang masih bertahan di rumah saat ini tidak bisa beraktifitas produksi seperti biasanya, mereka kehilangan harta benda bahkan keluarga, serta menurunnya kondisi kesehatan.

BPDB Banten mencatat banjir yang terjadi di Lebak mengakibatkan putusnya 27 Jembatan, 1.226 rumah terendam, 520 rumah rusak ringan dan 1.310 rumah mengalami rusak berat. Banjir ini terjadi di 6 kecamatan, 28 desa dengan jumlah warga yang terdampak 2.914 KK atau 11.400 Jiwa. Banjir di Provinsi Banten berdampak pada 43 Kecamatan, 175 desa, 49.941 KK, 137.106 Jiwa.
Pengamatan Tim Indonesia Bangkit yang berada di Banten pada 4 Januari 2020, saat ini masih terdapat 4 daerah yang terisolir yaitu: Kecamatan Lebak Gedong, Kampung Gunung Julang, Kampung Cinyiru, Cigobang Kampung Muhara dan daerah perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Lebak yang  membutuhkan bantuan dengan segera.

Atas kondisi tersebut, kami dari Pusat Kemanusiaan Indonesia Bangkit (IB) meyerukan kepada TIM INDONESIA BANGKIT di berbagai wilayah untuk :


  1. Menyerukan kepada Tim Indonesia Bangkit (IB) di berbagai wilayah  (kota/kabupaten/Provinsi) untuk menggalang donasi dan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Lebak-Banten dan JABODETABEK. Adapun kebutuhan mendesak yang dibutuhkan adalah; Makanan Pokok (Besar, gula, kopi, minyak, makanan cepat saji), Susu dan kebutuhan Anak, obat-obatan, tenda, kebutuhan anak sekolah SD, SMP, SMA (buku, tas, seragam sekolah), makanan Bayi, pakaian & selimut serta relawan.
  2. Bantuan beruapa uang bisa disalurkan melalui Nomor Rekening Bank BTPN (kode: 231) 900-1494-2385 a/n LIANA CITRA (diharapkan konfirmasi).
  3. Bantuan Berupa barang dapat diantarkan langsung ke Posko Pusat Indonesia Bangkit (IB) beralamat di Jl. Mutiara raya No. 1, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung  Jakarta Timur.h
  4. Bahwa periode aksi tanggap bencana banjir selama Januari- Februari 2020 ini secara langsung di organisasikan oleh tim Indonesia Bangkit  Pusat  yang berkoordinasi dengan Tim Indonesia Bangkit Banten yang berada di lokasi bencana.n
  5. Untuk mendapatkan penjelasan atas seruan, informasi dan teknis lainnya dapat menghubungi tim Indonesia Bangkit Pusat  Widianto (+62 813-1683-6857), Citra (+62 822-3788-4288).


Demikian Seruan ini di sampaikan, untuk menjadi perhatian dan segera dijalankan dengan penuh semangat dan tulus sebagai pelayan sejati rakyat (Serve the People).


Hormat Kami
INDONESIA BANGKIT (IB)


WIDIANTO
KORDINATOR

No comments: