The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Monday, August 6, 2018

Relawan IB di Lombok Utara Terobos Desa Dangiang

Gempa pada tanggal 5 Agustus 2018 telah merobohkan hampir seluruh rumah di Desa Dangiang,
10 orang meninggal dan puluhan orang terluka akibat tertimpa runtuhan bangunan [foto:IB] 
Lombok Utara - Meski akses jalan di Lombok Utara banyak terputus akibat Gempa 7.0 SR pada tanggal 5 Agustus malam kemarin, Relawan indonesia Bangkit secara bergelombang mulai memasuki desa-desa terdampak gempa di kab. Lombok Utara. Pada Senin pagi (06/06), relawan IB bersama tim dari serikat tani AGRA-NTB, Pembaru, FMN relawan lain memasuki Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan - Lombok Utara.

Kedatangan relawan disambut oleh warga Dangiang dan secara bersama sama mendirikan Posko di lokasi. Selain mendirikan posko, relawan juga mendristribusikan bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan harian pengungsi. 

Suasana duka menyelimuti penduduk desa, gempa hebat malam sebelumnya telah mengakibatkan lebih dari 10 orang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Selain itu puluhan korban luka masih di identifikasi oleh relawan. 

Selain korban jiwa, hampir seluruh rumah dan harta benda warga Dangiang ikut hancur akibat hantaman gempa. 97 persen rumah penduduk hancur termasuk bangunan mesjid dan fasilitas umum lainnya. Warga saat ini mengungsi ke tenda darurat mengingat masih seringnya terjadi gempa susulan, Hingga tengah malam tercatat 170 kali gempa susulan dirasakan.

Mengingat hampir seluruh rumah roboh maka pengungsi tidur berhimpitan di dalam tenda dan sebagian berjaga untuk mengantisipasi gempa susulan. Kondisi desa pun masih gelap gulita akibat seluruh jaringan listrik terputus.

Adapun Kebutuhan di lokasi yang mendesak antaranya :

  • Tenda/terpal
  • Beras dan bahan makanan lainnya
  • Air minum dan air bersih untuk MCK
  • Obat obatan
  • Kebutuhan Bayi (Susu, Popok dan makanan bayi)
  • Alat penerangan
Posko Kemanusiaan Indonesia Bangkit mengajak seluruh pihak untuk terlibat membantu korban bencana di Lombok dengan menjadi relawan ataupun memberikan bantuan bagi aksi kemanusiaan di Lombok. Bantuan dan dukungan dapat disalurkan melalui :

Panitia Posko Pusat IB :
AGRA - GSBI - Seruni - Pembaru Indonesia - Kabarbumi - SDMN - FMN - INDIES - JAPI - Mineral 7

Posko Pusat 
Jl. Mutiara Raya I No.1, Kelurahan Jati, Pulogadung – Jakarta Timur. Kontak : Widianto  (0813-1683-6857)

Posko Lombok - Nusa Tenggara Barat
Kec. Sambelia, desa Obel-obel, desa Belanting. Kontak :  Zuki zuarman (AGRA-NTB) : 085238506212

Penyaluran bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui rekening 
Bank BRI Cabang Rawamangun 
atas nama Aliansi Gerakan Reforma Agraria. 

No. rekening  0386 0100 0923 303 

Seluruh relawan IB juga mengucapkan terimakasih dan hormat yang sebesar-besarnya untuk seluruh bantuan yang telah diberikan untuk pekerjaan kemanusiaan di Lombok dan sekitarnya. 

Salam Hangat 
Posko Kemanusiaan Indonesia Bangkit

No comments: