The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, August 19, 2018

Gempa Besar 7.0 SR Terulang Lagi di Lombok, Warga Bersama Relawan Lakukan Evakuasi

Warga di kecamatan Sambelia dievakuasi ke perladangan di  dataran tinggi untuk mengantisipasi Tsunami dan Gempa susulan [foto:IB]
Lombok - NTB, Pada hari ini Minggu (19/08) aktifitas kegempaan menguat lagi di Lombok, terjadi 6 kali gempa besar sejak pagi dengan puncaknya adalah Gempa dengan kekuatan 7.0 SR tengah malam pukul 22:56 waktu Indonesia bagian tengah (WITA) dengan pusat gempa di Lombok Timur. Relawan IB di Lombok Timur berupaya menenangkan warga yang panik dan melakukan evakuasi ke daerah yang lebih aman.

Pada hari ini gempa tak henti mengguncang, pada siang hari 12:06 dan 12.11 WITA terjadi gempa besar dengan kekuatan 5.6 dan 6.5 SR dengan selang waktu kurang dari 10 menit dan mengakibatkan longsor di perbukitan serta lereng gunung Rinjani. Gempa siang hari di ikuti beberapa gempa susulan yang merusak beberapa area di Lombok Timur.

Pada Minggu malam dalam waktu kurang dari 1 jam terjadi 3 kali gempa dengan kekuatan terbesar 7.0 SR pada pukul 22:56 WITA. Gempa ini sama besarnya dengan gempa dasyat tanggal 5 Agustus lalu yang menewaskan lebih dari 400 orang.

Saat ini relawan bersama warga yang berada di Lombok Timur sedang melakukan evakuasi korban dan mengungsikan warga ke tempat yang lebih aman. Situasi di lokasi juga gelap gulita akibat jaringan listrik padam.

Pusat kemanusiaan Indonesia Bangkit mengajak seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa untuk keselamatan seluruh warga dan para relawan di Lombok, NTB.

IB sedang berupaya mengumpulkan informasi serta data mengenai keadaan pasca gempa malam ini. Untuk informasi mengenai keadaan di Lombok bisa menghubungi pusat Informasi IB di :

Posko Pusat IB
Kontak : 0813 1683 6857 (Widi)

Posko IB NTB
Kontak : 0823 4052 5385 (Titi)

No comments: