The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Sunday, August 19, 2018

5 Kali Gempa beruntun Guncang Lombok Malam Ini


Lombok (19/08), Gempa Bumi kembali menguncang pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada pukul 22.56 Wita. Gempa yang terjadi berkekuatan 7.0 SR, dan disusul dengan gempa lanjutan berkekuatan 5,6 SR dan 5,8 SR. Kekuatan gempa yang cukup besar ini hanya berjarak tidak kurang dari 30 menit Gempa ini memiliki dampak yang cukup parah, khususnya di daerah Kabupaten Lombok Timur.

Gempa yang terjadi pada pukul 22.56 WITA ini mengakibatikan padamnya listrik diseluruh kabupaten dan kota di pulau lombok. Menurut laporan yang disampaikan oleh tim relawan Indonesia Bangkit yang berada di lombok timur, daerah kecamatan sambelia menjadi daerah yang terdampak parah dari gempa ini. “banyak terdengar suara bangunan yang roboh, kami sekarang masih melakukan evakuasi didataran tinggi”, tutur Titi suhada relawan Indonesia Bangkit (IB) yang berada di kecamatan Sambelia. “Terdengar suara gemuruh bebatuan yang cukup keras”, ucap Soleha relawan Indonesia Bangkit yang berada di kecamatan sembalun pada malam ini saat kami hubungi.

Selian, malam ini, gempa berkekuatan besar juga terjadi pada siang hari tadi. Gempa yang terjadi pada tadi siang berkekuatan 5,6 dan 6,5 SR. Gempa ini mengakibatkan longsor didaerah lereng gunung rinjani. Gempa tadi siang juga mengakibatkan 1 orang meninggal akibat terimpa bangunan di desa keling, kecamatan aikmal. Kepastian korban 1 orang ini kami dapat dari relawan indonesia Bangkit yang sedang berada di Kecamatan Aikmal, Kabupaten Lombok Timur

Saat ini, relawan Indonesia bangkit sedang bersama warga yang berada di lombok timur sedang melakukan evakuasi korban dan mengungsikan warga ketempat yang lebih aman. Selain itu, posko Indonesia Bangkit di Kecamatan Sambelia melaporkan bahwa kebutuhan akan air bersih dan tenda menjadi kebutuhan yang dibutuhkan saat ini. Selain itu juga kebutuhan obat-obat  P3K juga menjadi kebutuhan mendesak yang harus diberikan.

Sedangkan di Kecamatan Sembalun, kebutuhan tenda, obat-obatan, serta masker menjadi kebutuhan yang dibutuhkan. Masker di butuhkan karena longsor yang  disebabkan oleh gempa tadi siang. Saat ini, posko pusat Indonesia bangkit masih terus melakukan kordinasi dengan seluruh relawan indonesia bangkit yang berada di pulau Lombok.

No comments: