The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Thursday, October 6, 2016

Warga Korban Bencana Garut Bersama Relawan IB Mulai Perbaiki Rumah yang Rusak

Sudah lebih dari dua minggu sejak bencana banjir bandang menerpa warga garut pada 20 September lalu, kondisi warga di area bencana mulai berbenah. Banyaknya rumah yang hancur atau rusak menyebabkan warga harus bertahan dalam keadaan memprihatinkan. Beberapa rumah warga dalam keadaan tanpa attap ataupun sebagian besar dindingnya hancur.

Relawan IB bergerak bersama warga di daerah Desa Haur Panggung untuk membenahi rumah-rumah yang rusak, harapannya perbaikan rumah ini dapat memberikan solusi untuk warga dapat beristirahat tanpa diganggu hujan yang masih turun dengan deras.

Keadaan umum warga di lokasi bencana masih kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena belum bisa bekerja dan seluruh perabotan rumah serta alat-alat rumah tangga rusak dan hilang tersapu banjir. Warga juga masih banyak yang tidur tanpa alas di rumah-rumahnya sehingga rentan terserang penyakit.

Kehidupan sosial juga belum berjalan lancar seiring dengan masih hancurnya fasilitas umum seperti jalan kampung dan beberapa sekolah. Tumpukan lumpur, puing-puing rumah dan sampah bertumbuk di berbagai titik. 

Sekali lagi posko kemanusiaan Indonesia Bangkit mengajak seluruh kalangan untuk terlibat membantu agar masyarakat dapat kembali pulih dan bangkit dari keterpurukan akibat bencana. 

#BangkitBersamaRakyatGarut

No comments: