The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Thursday, June 30, 2016

POSKO KEMANUSIAAN INDONESIA BANGKIT-IB 2016 “Bergandengan Tangan dan Ringankan Beban Mereka-Berikan Pelayanan dan salurkan bantuan”

Kabar duka kembali datang menimpa tanah air tercinta. Banjir bandang dan juga tanah longsor menerjang Kalimantan Barat dan Jawa tengah dalam waktu yang berdekatan. 18 juni 2016, setidaknya 16 Kabupaten di Jawa Tengah mengalami longsor dan banjir menyebabkan menyebabkan 35 orang meninggal dunia, 25 orang hilang, 14 orang luka-luka dan ribuan rumah rusak tertimbun longsor dan terendam banjir. 19 juni 2016, tepatnya pada pukul 23.00 WIB, banjir bandang dan longsor menerjang perkampungan kecil di Dusun Tosoing Loing Desa Tanjung  Lokang, Kecamatan Putusibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Meluapnya Sungai Kapuas di Hulu Kapuas telah menelan korban jiwa, diantaranya yaitu 1 korban meninggal dunia berusia 8 bulan, 1 anak laki-laki berumur 7 tahun, 6 korban luka berat seperti patah tulang dan luka robek dan 16 korban luka ringan.
INDONESIA BANGKIT adalah lembaga kemanusiaan yang terdiri dari Front Mahasiswa Nasional (FMN), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) dan lain-lain. Bencana banjir dan longsor ini yang kemudian mendorong kami dari Indonesia Bangkit untuk melakukan penggalang bantuan. Kami juga telah melakukan komunikasi dan juga kordinasi dengan Indonesia Bangkit di tingkat daerah untuk segera melakukan penggalangan bantuan serta mendirikan posko-posko baik di lokasi bencana ataupun di posko lokal Indonesia Bangkit. Berdasarkan hasil komunikasi dan kordinasi kami dengan Indonesia Bangkit di daerah terdapat beberapa kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh para korban baik di Kalimantan Barat ataupun di Jawa Tengah. Berikut list kebutuhan dari korban banjir dan longsor di Kalimantan Barat ataupun di Jawa Tengah;


No
List Kebutuhan
No
List Kebutuhan
1
Uang
8
Matrass
2
Sembako
9
Alat-alat mandi
3
Pakaian baru atau layak dipakai
10
Tenda
4
Obat-obatan
11
Terpal
5
Senter
12
Kebutuhan bayi (Susu, popok,pakaian)
6
Sepatu Boot
13
Pembalut dan pakaian dalam wanita
7
Sleeping bag
14
Perlengkapan dapur












Saat ini, INDONESIA BANGKIT sudah mendirikan posko korban banjir dan longsor di beberapa daerah, diantaranya yaitu:

  • Kalimantan Barat: Pontianak, Kapuas Hulu, dan Tanjung Lokang,
  • Kalimantan Tengah: Kota Waringin Timur, Desa Biru Maju dan Palangkaraya,
  • di Jawa Tengah: Puworejo,
  •  dan di Jabodetabek: Jakarta, Tanggerang dan Bekasi.
Bantuan bisa dikirim ke posko terdekat.

Personal Contact:
  •   Asterlyta Putrinda 081314865536
  •   Widianto Satria 081294553740
  • Ridwan AGRA 081350286817

No comments: