The Humanitarian Center

Indonesia Bangkit

Monday, February 24, 2014

Atap Rumah Rusak, Warga Kebonrejo Kabupaten Kediri membutuhkan Terpal dan Genteng


Dusun Panggungsari, Desa Kebonrejo, RT 16 RW 05, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan area pemukiman berjarak sekitar 6,5 KM dari gunung Kelud disisi utara. Terdapat 173 Kepala Keluarga (KK) di tiga RT yang bermukim disini. Menurut hasil assesment tim Posko Kemanusiaan Indonesia Bangkit (IB), hampir seratus persen rumah mengalami kerusakan diatapnya. Namun, kategori kerusakan (berat, ringan, sedang) masih dilakukan pendataan kembali.

Berdasarkan data posko penanggulangan bencana gunung Kelud seperti ditulis Surabaya.okezone.com rumah rusak berat di Kecamatan Kepung tercatat 2.288, untuk rumah rusak sedang 318 rumah. Hingga kini belum ada pernyaatan resmi pemerintah untuk membantu semua rumah warga yang rusak. Saat mengunjungi posko pengungsian di Kediri(17/2) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan “ Bagi rumah rusak berat, pemerintah akan memberikan bantuan” (mimbar-rakyat.com)

Berdasarkan pernyataan Presiden, berarti hanya rumah rusak berat saja yang akan dibantu oleh pemerintah. Untuk sementara, di Panggungsari, bantuan berupa genteng diberikan pemerintah hanya untuk warga yang rumahnya tidak ada kepala keluarga laki-laki(Janda) namun jumlahnyapun terbatas.

Dibutuhkan uluran tangan semua pihak untuk membantu meringankan beban warga di desa Kebonrejo, Kepung, Kediri.

Selain membutuhkan penutup atap berupa genteng, seng atau terpal, warga masih membutuhkan obat-obatan untuk saluran pernapasan, obat batuk dan flu.
Pekerjaan utama Posko Kemanusiaan Indonesia Bangkit bersama warga saat ini adalah membersihkan pasir dan memperbaiki genteng dikarenakan hujan turun setiap malam.
Oleh karena itu, IB masih membuka pendaftaran relawan untuk membantu masa recovery di area yang bisa discover posko.

Bagi masyarakat yang ingin turut serta membantu, IB juga membutuhkan tenaga pengajar untuk pendampingan belajar anak-anak. Kebutuhan yang dapat disalurkan melalui IB antara lain, peralatan belajar, obat obatan, terpal, genteng, seng, dan peralatan untuk membersihkan pasir








No comments: